cari info lain....??

Dapatkan Uang 100ribu Gratis

Dapatkan Uang 100ribu Gratis, Terbukti lo...!!!klik 2X-->http://www.usahaweb.com/idevaffiliate.php?id=5872
Dapatkan Uang 100ribu Gratis, Terbukti lo...!!!klik DISINI

14 September, 2008

aktifkan email di friendster

Banyak orang khususnya yang di Indonesia terlalu tergantung dengan cara kerja Friendster. Kemudahan yang diberikan oleh Friendster terkadang terlalu tak masuk akal untuk diterapkan dalam dunia web. Kini masalah itu muncul ketika ada suatu “kemudahan” yang tidak diimplementasikan di forum diskusi, khususnya forum diskusi SMABHK.com. Lalu apa yang disebut dengan “kemudahan” itu?

Salah satunya adalah dalam hal mendaftar ke forum diskusi. Di Friendster, tidak masalah jika anda mendaftarkan email palsu atau email yang bukan milik anda sendiri. Walaupun bila tidak menggunakan email yang asli, user dapat tetap menggunakan Friendster secara penuh. Hanya saja ketika melakukan login ke Friendster, halaman yang akan tampil pertama kali adalah halaman yang meminta verifikasi. Setelah mengklik sebuah tombol (entah itu Continue, Go to Homepage atau yang lainnya), maka Friendster dapat digunakan secara penuh. Lalu bagaimana dengan forum diskusi ini? Mereka harus menggunakan alamat email yang asli dan benar-benar milik mereka sendiri. Paling tidak mereka bisa membuka dan mengklik alamat internet yang ada di email yang dikirimkan untuk mengaktifkan account mereka di forum.

Trus apakah hal ini merepotkan? Saya rasa justru hal ini tidak merepotkan dan bahkan lebih baik daripada sistem Friendster. Karena dengan email asli, anda tidak akan lagi dapat menyalahgunakan alamat email orang lain dan tentunya alamat email anda juga tidak akan serta merta disalahkangunakan oleh orang lain. Itu adalah salah satu kelebihan di bidang privasi. Yang kedua adalah dilihat dari sisi keamanan, bila anda melupakan password anda, maka password dapat dikirimkan ke email anda tersebut sehingga anda tidak perlu celingukan ke sana-sini cuma buat mendapatkan username dan password anda sendiri yang hilang. Yang ketiga, dari sisi administrasi sendiri, penggunaan email asli akan mengurangi spamming dalam forum diskusi tersebut. Lihat saja Friendster yang kini telah disusupi oleh banyak bot (yah, ini bener-bener ngeselin).

Selain itu, sebagian besar situs web saat ini juga mengharuskan pengaktifan dan otentikasi melalui email. Kalau begitu, forum ini juga salah satu media pembelajaran tentang penggunaan internet bukan? Lalu kenapa banyak yang tidak mengaktifkan account mereka sendiri? Kebanyakan dari mereka tidak menggunakan alamat email yang valid atau tidak asli atau tidak aktif karena sudah terlalu lama tidak digunakan.

Yah semoga saja hal ini bisa menyadarkan pengguna forum secara khusus dan pengguna internet secara umum.

Tidak ada komentar: